Sunday, April 3, 2011

Ibuku Menderingkan Handphoneku


Assalamualaikum para pejuang islam.. apakah pagi ini kalian sehat wal'afiat?? masihkah kalian bernafas, melihat, mendengar, berjalan? Jika iya, Alhamdulillah.. bersyukurlah kalian pagi ini kita masih bisa merasakan kenikmatan Allah. Jika tidak, kita koreksi diri.. itu adalah peringatan kecintaan Allah terhadap kita.

Tepat pukul 04.13 ringtone "Insan Utama - Haddad Alwi ft. Duta Sheila On 7" berdering keras sehingga membuat ana terbangun dari mimpi (indah/buruk gatau deh..). Kulihat sejenak siapa gerangan si penelpon.. ternyata Ibuku, segera ana menyadarkan diri lalu mengangkat telepon. Beliau memberi nasihat tentang Sunnah Rosulullah.

Beliau berkata, “nak, lakukan sunnah-sunnah rosul ya.. jangan lupa kalo makan dan minum duduk, menggunakan tangan kanan, tidur menghadap ke kanan, jongkok ketika ber-hadats kecil.. ibu habis ikut terapi Sunnah Rasulullah dan memang dibuktikan, subhanallah.. segala yang dilakukan Rosul itu menyehatkan kita. Jongkok ketika berhadats kecil, itu membuat kita terhindar dari kanker. Jangan lupa juga shalat sunnah 2 rakaat sebelum sholat subuh *adzan subuh berkumandang* ”. Beliau juga gak lupa agar ana menjaga kesehatan karena H-15 lagi UAN :)

Jadi ana sengaja posting ini, agar ilmu kecil yang disampaikan beliau tadi bermanfaat, sehingga kita tidak mudah melupakannya. Dan jangan biarkan kita lalai untuk melakukannya

Sunnah-sunnah masuk dan keluar dari wc.

·         Masuk wc. Dengan kaki kiri dan keluar dengan kaki kanan.
·         Berdo’a sebelum masuk: “Allahumma inni a’udzubika minal khubutsi wal khabaaitsi”.

Artinya: “Ya Allah ! sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari godaan syetan laki-laki dan perempuan”. (HR. Bukhari dan Muslim).

·         Dan berdo’a ketika telah keluar: “Gufraanak” artinya : “aku minta ampun kepada-Mu”. (diriwayatkan oleh ashhabu sunan kecuali an Nasaai).
·         Setiap manusia akan masuk wc. Siang dan malam secara berulang-ulang, dan setiap masuk dan keluar ia menerapkan sunnah ini yaitu dua sunnah ketika masuk dan dua sunnah ketika ia keluar.

Sunnah-sunnah ketika makan

Sunnah-sunnah sebelum dan di pertengahan makan:
1.    Mengucapkan basmalah (bismillah).
2.    Do’a Sebelum Makan:
“Allahumma baarik lanaa fiimaa razaqtana wa qinaa ‘adzaa-bannaari Bismillahirrahmaaniraahiimi.”
Artinya : “Ya Allah berkahilah kami dalam rezki yang telah Engkau limpahkan kepada kami, dan peliharalah kami dari siksa neraka. Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.” (HR. Ibnu as-Sani)
3.    Makan dengan tangan kanan.
4.    Memakan apa yang ada di depannya. (yang terdekat di depannya).

·         Ketiga sunnah ini terkumpul dalam hadits Rasulullah saw.: “Wahai ghulam (anak) sebutlah nama Allah, makanlah dengan tangan kanan dan makanlah apa yang ada di depanmu”. (HR. Muslim).

5.    Membasuh makanan ketika jatuh dan memakannya kembali, sesuai dengan hadits: “Jika  jatuh suapan (makanan) dari salah seorang diantara kalian, maka hilangkanlah kotoran yang terdapat padanya kemudian makan”. (HR. Muslim).

6.    Makan dengan tiga jari, sesuai dengan dalil yang berbunyi. : “adalah Rasulullah saw. makan dengan tiga jari”. (HR. Muslim). Makan dengan tiga jari ini adalah paling sering di lakukan oleh Rasulullah saw. dan ini yang paling baik, kecuali jika makanan tersebut tidak bisa di pegang dengan tiga jari maka beliau menggunakan semua jarinya.

7.    Posisi duduk ketika makan, ialah sebagai berikut: menegakkan kaki kanan dan menduduki kaki kiri, dan inilah yang di sunnahkan sebagaimana yang di terangkan dalam oleh al Hafidz Ibn Hajar dalam Fathul baary.

Sunnah-sunnah setelah makan:
1.    Menjilat mangkok dan jari-jemari, Rasulullah saw. memerintahkan hal ini dengan bersabda:
          “karena anda tidak mengetahui di bagian mana berkah itu ada”.
2.    Mengucapkan “alhamdulillah” setelah makan, Rasulullah saw. bersabda:
“sesungguhnya Allah rela terhadap hamba yang setelah memakan suatu makanan mengucapkan tahmid atas makanan tersebut”. (HR. Muslim).
3.    Diantara do’a Rasulullah saw. setelah makan ialah:
“Alhamdulillahilladzii ath’amanaa wa saqaanaa wa ja’alanaa muslimiina”
     Artinya : “Segala puji bagi Allah Yang telah memberi kami makan dan minum, serta menjadikan kami muslim.” (HR. Abu Daud)

“Alhamdulilaahilladzi ath’amanii hadzaa wa razaqaniihi min ghayri hawlin minnii wa laa quwwatin.” 

Artinya: “Segala puji bagi Allah, Yang telah memberikan aku makanan ini dan memberikan aku rezeki tanpa ada daya dan kekuatan dariku”.

Faidah dari do’a ini,ialah: “orang yang mengucapkannya di ampuni dosanya yang terdahulu”. (HR. Abu Daud, Tirmidzi dan Ibn Majah, dan di hasankan oleh Syekh al baany).

Secara keseluruhan sunnah-sunnah ini akan senantiasa terulang dalam keseharian seorang muslim sebanyak 15 kali, jika kita memperhitungkan bahwa pada umumnya manusia  akan makan 3 kali dalam sehari semalam karena hal ini yang umum di lakukan oleh orang-orang, dan sunnah-sunnah ini akan semakin bertambah jika di sela-sela jadwal makan berat yang 3 kali tersebut di selingi dengan makan makanan ringan (snack).

Sunnah-sunnah ketika minum

1.    Mengucapkan bismillah.
2.    Minum dengan tangan kanan, Rasulullah saw. bersabda: “wahai anak (ghulam) sebutlah nama Allah, dan makanlah dengan tangan kanan…”.
3.    Bernafas di luar dari mulut gelas (atau tempat minum) ketika sedang minum, artinya: minum dengan tiga tegukan bukan dengan hanya sekali teguk saja. “adalah Rasulullah saw. bernafas ketika minum sebanyak tiga kali”. (HR. Muslim).
4.    Minum dalam keadaan duduk, “ janganlah salah seorang diantara kalian minum dalam keadaan berdiri”.  (HR. Muslim).
5.    Mengucapkan tahmid (alhamdulillah) setelah minum, “ sesungguhnya Allah akan rela terhadap seorang hamba jika ia memakan makanannya kemudian mengucapkan tahmid atas makanan tersebut.. lalu meminum minuman dan bertahmid atas minuman itu”.  (HR. Muslim).
6.    Dan secara total jumlah sunnah-sunnah yang seyogyanya di perhatikan oleh seorang muslim ketika ia minum ialah 20 sunnah, dan akan semakin bertambah aplikasi sunnah-sunnah ini dengan semakin bertambahnya jenis minuman yang di minum seperti ada minuman yang panas dan dingin karena sebagian orang sering melupakan aplikasi sunnah ini ketika meminum minuman tersebut.
 
Pesan penutup percakapan dari beliau 
 “Hidup benar sia-sia nak kalo kita tidak melaksanakan Sunnah Rasulullah, jangan sampai setiap harinya amalmu lebih sedikit dari perbuatan sia-sia mu”.
 
Selamat melakukan aktifitas minggu, dan jangan lupa laksanakan Sunnah Rosul.. ana juga berusaha untuk tidak lupa melaksanakannya.. hidup terasa indah jika kita saling mengingatkan dalam kebaikan :)
 
Alhamdulillah, semoga bermanfaat.. HAMASAH !!! :)
P.S: untuk sunnah-sunnah sebelum dan sesudah tidur menyusul ya

Source : dari berbagai sumber, salah satunya www.rasoulallah.net

No comments:

Post a Comment

 
;